Strategi Inovasi Produk Kopi untuk Manajer Produk

11 April 2023
5.00(1 Ratings)
8

Rp. 500.000

Material Includes

Tentang Pelatihan

The bencoolen coffee memberikan pelatihan "Menjadi Barista Profesional & Kreatif ". Dengan mengikuti pelatihan ini, peserta diharapkan mengetahui jenis kopi, mampu mempraktikkan penyeduhan minumam kopi manual brew yaitu metode immersion, metode inverted, metode vietnam drip, metode moka pot, dan metode seduh kopi tubruk. Memiliki sikap dalam menaati prosedur menangani pelanggan dan menangani situasi konflik.

Tujuan Umum Pelatihan
Peserta mampu menerapkan teknik seduh kopi minimal lima metode (immersion, inverted, vietnam drip, moka pot dan seduh kopi tubruk) menggunakan alat penyeduh kopi sesuai dengan standar barista yang berlaku.

Tujuan Khusus Pelatihan
Setelah mengikuti pelatihan, peserta mampu:
1. Memahami pengenalan profesi Barista, meliputi: Pemahaman Profesi Barista, Perkembangan Barista, Tugas & Tanggung Jawab Seorang Barista¸ Cara Menjadi Barista ber-Karakteristik, dan pengetahuan Dasar Minuman Non Alkohol
2. Memahami grooming dan attitude barista meliputi: Personal Hygiene (Kesehatan Pribadi), Pemahaman grooming, Nilai Nilai moral, norma norma yang mendorong kualitas etika. (Grooming), Pentingnya Etika & Etiket di dalam bekerja. (Grooming), Cara Mengekspresikan Etika dalam hubungan sehari hari. (Grooming), Dasar Dasar Etiket. (Grooming), Standart Grooming Barista, Contoh penampilan diri yang baik untuk barista, Jenis grooming (grooming statis dan grooming dinamis) dan Peran penting attitude dalam dunia kerja
3. Memahami dan menganalisis cara untuk menangai situasi konflik, meliputi: Definisi Konflik, Ciri-ciri dan Faktor-faktor Konflik, Akibat-akibat Konflik, Cara analisis ketidak puasan pelanggan, Penyelesaian Konflik, Cara menanggapi komplain pelanggan serta Tips & Trik Mendapatkan Review Baik
4. Memahami proses Sanitasi, Hygiene dan Keselamatan Kerja Bidang Makanan, meliputi: Keselamatan dan kecelakaan kerja, Api dan kebakaran, Alat pelindung diri, Kesehatan kerja, Penyakit akibat kerja, Hygiene dan sanitasi makanan serta Resiko hygiene (kerusakan makanan )
5. Memahami cara untuk mengelola bahan baku, meliputi: Sejarah kopi, Jenis – jenis kopi di indonesia (arabika, robusta, liberika, exselsa, stenophylla), Keunikan & Penyebaran Kopi Robusta di Indonesia, Keunikan & Penyebaran Kopi Arabica di Indonesia, Keunikan & Penyebaran Kopi Liberika di Indonesia, Keunikan & Penyebaran Kopi Exselsa di Indonesia, Pengaruh Ketinggian, Penanaman Kopi pada rasa kopi, Karakteristik ragam varietas biji kopi, Proses pasca panen (dry proses, honey proses, wet proses), Perbedaan antara kopi robusta dan arabica, Pengenalan Cupping, Mengenali kopi rusak menggunakan metode cupping dan Menyimpan bahan baku dengan benar
6. Melayani dan menangani pelanggan secara profesional, meliputi: Pemahaman Keluhan Pelanggan, Bentuk Penyampaian Keluhan Pelanggan, Proses Penanganan Keluhan Pelanggan, Menentukan standar pelayanan., konsep pelayanan secara umum serta Pencegahan Terjadinya Keluhan Pelanggan di Masa Depan
7. Melayani serta menganalisis cara untuk menangai situasi konflik pelanggan secara profesional, meliputi: Definisi Konflik, Ciri-ciri dan Faktor-faktor Konflik, Akibat-akibat Konflik, Cara analisis ketidak puasan pelanggan, Penyelesaian Konflik, Cara menanggapi komplain pelanggan serta Tips & Trik Mendapatkan Review Baik
8. Mempraktekkan cara mengelola peralatan dan perlengkapan, meliputi: Mempersiapkan area kerja, Menyiapkan peralatan & perlengkapan, Memeriksa peralatan & perlengkapan dan Memelihara peralatan & perlengkapan
9. Mempraktekkan cara untuk mengoperasikan peralatan, meliputi: Manual brew, mengenal alat & tehnik pembuatan, Jenis-jenis espresso (ristretto, espresso, lungo), Dose bean atau ukuran gilingan, Pengertian latte art dan macam-macam latte art, Penggunan jenis susu untuk pembuatan latte, froating milk dan teknik pouring serta Flushing mesin setelah penggunaan dan contoh mesin yang jarang dibersihkan
10. Membuat variasi minuman racikan kopi, meliputi: Membuat minuman kopi dengan metode V60, Membuat minuman kopi dengan metode tubruk dan merasakan aroma kopi dan mencicipi, Membuat minuman kopi dengan metode immersion, Membuat minuman kopi dengan metode moka pot, Membuat minuman kopi dengan metode vietnam drip, Membuat minuman kopi dengan metode aeropress, Membuat minimunan kopi dengan teknik manual dengan metode moka pot dan pembuatan latte art serta Membuat minuman kopi dengan espresso dengan metode kompresor dan pembuatan latte art

Aspek Kompetensi: Pengetahuan (Knowledge)
1. Mengelola Bahan Baku
2. Mengelola peralatan dan perlengkapan kopi
3. Menggunakan dan mengoperasikan macam-macam peralatan kopi

Aspek Kompetensi: Keterampilan (Skill)
1. Mendiskripsikan dan mengimplementasikan menjadi barista yg handal
2. Menerapkan grooming dan penampilan barista
3. Mampu membuat dan meracik berbagai macam Minuman Kopi dengan metode Manual Brew, V60, tubruk, moka pot, vietnam drip, aerospress dan lain lain
4. Menyusun dan Mengelola peralatan dan perlengkapan barista
5. Mampu memberikan penjelasan dan menyelesaikan permasalahan pelanggan

Aspek Kompetensi: Sikap (Attitude)
1. Pentingnya komunikasi yang baik dengan konsumen
2. Pentingnya pelayanan yang baik pada konsumen
3. Pentingnya ketelitian dalam mengelola bahan baku dan perlengkapan kopi

Kelompok Sasaran
Usia minimum 18 tahun
Usia maksimum 65 tahun

Durasi Per Sesi
1/ 09.00 – 12.00 WIB 1/ 13.00 – 16.00 WIB 1/ 17.00 – 20.00 WIB
● Pelatihan Pengenalan Profesi Barista 90 menit
● Pelatihan Grooming dan Attitude Barista 90 menit
2/ 09.00 – 12.00 WIB 2/ 13.00 – 16.00 WIB 2/ 17.00 – 20.00 WIB
● Pelatihan Mengelola Bahan Baku 90 menit
● Pelatihan Mengelola Peralatan dan Perlengkapan 90 menit
3/ 09.00 – 12.00 WIB 3/ 13.00 – 16.00 WIB 3/ 17.00 – 20.00 WIB
● Pelatihan Mengoperasikan Peralatan 90 menit
● Praktek Racikan Kopi 90 menit
4/ 09.00 – 12.00 WIB 4/ 13.00 – 16.00 WIB 4/ 17.00 – 20.00 WIB
● Praktek Racikan Kopi 90 menit
● Pelatihan Menangani Pelanggan 90 menit
5/ 09.00 – 12.00 WIB 5/ 13.00 – 16.00 WIB 5/ 17.00 – 20.00 WIB
● Pelatihan Menangani Situasi Konflik 90 menit
● Sanitasi, Hygiene dan Keselamatan Kerja Bidang Makanan 90 menit

Total Durasi
900 menit

Kapasitas Peserta
150 peserta

Metode Pembelajaran
Daring

Metode Evaluasi
1. Pre Test
2. Quiz
3. Post Test
4. Unjuk Keterampilan

Jenis/Klasifikasi Sertifikat
Sertifikat Penyelesaian

Cara Redeem Voucher
https://youtu.be/ysmkzgxCn7s

Website : https://prakerja.cybersacademy.id/

Call Center
No Telp CS Bencoolen Coffee = 089630751495
WA CS Bencoolen Coffee = http://wa.me/6289630751495
Group Telegram = https://t.me/prakerjabencoolen2023

Kurikulum

52 Materi15h

Pre Assesment

Pre Assesment Belajar Teknik Penyeduhan Kopi Menjadi Barista Pemula

Grooming dan Attitude Barista

Mengelola Bahan Baku

Mengelola Peralatan dan Perlengkapan

Mengoperasikan Peralatan

Menangani Pelanggan

Menangani Situasi Konflik

Mengikuti Prosedur Kesehatan, Keselamatan dan Keamanan Ditempat Kerja

Final Assesment Barista Pemula

Praktik Mandiri

Diskusi & Feedback

Mentor

Team Edukasi

Mentor

4.96 (129 ratings)

85 Courses

277 students

5.00 (87 ratings)

5 Courses

100 students

Penilaian & Ulasan

5.0

Total 1 Ratings

5
1 rating
4
0 rating
3
0 rating
2
0 rating
1
0 rating

Mantap

Select the fields to be shown. Others will be hidden. Drag and drop to rearrange the order.
  • Image
  • SKU
  • Rating
  • Price
  • Stock
  • Availability
  • Add to cart
  • Description
  • Content
  • Weight
  • Dimensions
  • Additional information
  • Attributes
  • Custom attributes
  • Custom fields
Click outside to hide the compare bar
Compare