Strategi Pengembangan Bisnis untuk Profesional Manajemen Bisnis
Tentang Pelatihan
Usaha Warung Kreatif & Layanan Digital, Pelatihan usaha mikro naik kelas go digital dapat meningkatkan “daya saing” UMKM di era Revolusi Industri 4.0. Pelatihan ini yang memberikan seputar pengetahuaan Pemanfaatan teknologi, Pengembangan kreativitas & inovasi, literasi digital, produktivitas, branding & pemasaran dengan memanfaatkan sosial media dan marketplace, pengelolaan keuangan digital serta standarisasi kesehatan & keselamatan kerja.
Tujuan Umum Pelatihan
Peserta pelatihan mampu membangun usaha warung kreatif dan layanan digital dengan menjual berbagai macam produk, penyedia layanan digital, kemitraan, edukasi dan jasa sesuai dengan kebutuhan masyarakat sekitar dengan minimal menunjukkan minimal 60 persen penguasaan materi pada saat praktik mandiri.
Tujuan Khusus Pelatihan
Setelah mengikuti pelatihan, peserta mampu:
1. Memahami Pengelolaan dan Manajemen Usaha mikro, meliputi: potensi usaha mikro indonesia, Pengertianm, Jenis-Jenis, Karakteristik, Pengelolaan dan Peran UMKM dalam pertumbuhan ekonomi indonesia serta digitalisasi UMKM di era new normal dan UMKM go digital.
2. Memahami Layanan Teknologi Digital, meliputi : pengertian digitalisasi, peta ekonomi dunia jaman now, implementasi digitalisasi, teknologi perangkat komputer, teknologi internet, jenis-jenis e-commerce, comsumer to consumer (C2C), Peer to Peer (P2P), M-Commerce.
3. Memahami pengelolaan warung kreatif, meliputi : pengertian warung kreatif, kriteria membangun warung kreatif, keuntungan mendirikan warung kreatif, unsur penting dan layanan usaha dalam warung kreatif, jenis usaha yang dapat dikembangkan menjadi warung kreatif serta model warung kreatif
4. Memahami manajemen usaha kedai kopi, meliputi : pengertian warung kreatif, jenis manajemen produksi, komponen penting usaha warung kreatif, penyimpanan bahan baku, menentukan target konsumen, pemilihan lokasi yang ideal serta kebutuhan barang & peralatan untuk warung kreatif.
5. Memahami contoh warung kreatif & usaha minuman kekinian , meliputi : jus buah segar, thaitea & green thai tea serta iced chocolate
6. Memahami pengelolaan produk digital , meliputi : pengertian layanan digital, oengembangan usaha UMKM melalui warung kreatif, tahapan dalam membangun ekonomi desa melalui pemberdayaan warung kreatif, pemahaman dan jenis layanan digital, peralatan penunjang layanan digital, standarisasi operasional pemanfaatan layanan digital serta potensi keuntungan layanan digital.
7. Memahami pengelolaan layanan digital, meliputi : pengertian usaha produk digital, layanan kreatif , talent management, pelatihan digital, portal berita online, produk UMKM & kuliner, portal lowongan kerja, web marketplace serta web travel desa
8. Memahami potensi keagenan digital, meliputi : pengertian keagenan digital, keagenan digital, tujuan adanya agen digital, peluang keagenan digital, keagenan digital warung kreatif serta potensi pendapatan layanan digital
9. Merancang strategi promosi usaha kreatif, meliputi : pengertian promosi, unsur-unsur promosi, strategi promosi, kegiatan strategi promosi, berbagai strategi promosi yang bisa diterapkan, manfaat digital marketing untuk promosi, strategi digital marketing serta tips & trik copywriting promosi
10. Merancang strategi pemasaran onilne, meliputi : content marketing, mobile marketing, continouous marketing, integrated digital marketing, visual marketing, personalized marketing, strategi digital marketing UMKM paling efektif serta sasaran kegiatan warung kreatif.
11. Memahami pengelolaan sosial media, meliputi : pengertian sosial media, jenis & macam media sosial serta manfaat media sosial
12. Memahami pemanfaatan marketplace, meliputi : pengenalan marketplace, manfaat berjualan di marketplace, perbedaan marketplace dengan online shop, jenis-jenis marketplace, keuntungan mengelola website toko online sendiri, mindset kesuksesan dengan marketplace, pentingnya marketplace dalam bisnis online, prinsip umum jualan online, daftar produkjualan online 2021 serta market analysis.
13. Memahami laporan keuangan , meliputi : pengertian laporan keuangan, fungsi pengelolaan keuangan, tujuan & proses pengelolaan keuangan serta bentuk laporan keuangan.
14. Mempraktekkan aplikasi pengelolaan keuangan, meliputi : aplikasi LAMIKRO, Buku Warung, Teman Bisnis, Buku Kas serta POST
15. Memahami dan mengimplementasikan kesehatan, keamanan dan keselamatan kerja, meliputi pengertian kesehatan dan keselamatan kerja, dasar hukum, sejarah keselamatan kerja, ruang lingkup, sasaran keselamatan kerja, keadaan darurat, pencegahan kecelakaan kerja, perlengkapan & peralatan keselamatan kerja, menangani situasi darurat, jenis-jenis bahaya di tempat kerja, standar presentasi personal, api & kebakaran, alat perlindungan diri, kesehatan kerja, penyakit akibat kerja, hygine & sanitasi makanan serta resiko hygine (kerusakan makanan)
Aspek Kompetensi: Pengetahuan (Knowledge)
1. Memahami usaha mikro
2. Memahami layanan teknologi digital
3. Memahami warung kreatif
4. Memahami produk digital
Aspek Kompetensi: Keterampilan (Skill)
1. Memanfaatkan peralatan dan layanan digital
2. Meningkatkan kemampuan digital
3. Menganalisis strategi promosi usaha kreatif
4. Menganalisis strategi pemasaran online (online marketing)
5. Menganalisis pengoptimalisasian sosial media
6. Menganalisis pengoptimalisasian marketplace
7. Menganalisis potensi keagenan digital
Aspek Kompetensi: Sikap (Attitude)
1. Membangun usaha kedai kopi
2. Membangun warung kreatif & usaha minuman kekinian
3. Menerapkan layanan kreatif
4. Menerapkan laporan keuangan warung kreatif
5. Menerapkan aplikasi pengelolaan keuangan
6. Menerapkan kesehatan, keamanan, dan keselamatan kerja
7. Memahami perilaku konsumen
Kelompok Sasaran
Usia minimum 18 tahun
Usia maksimum 65 tahun
Durasi Per Sesi
1/ 09.00 – 12.00 WIB 1/ 13.00 – 16.00 WIB 1/ 17.00 – 20.00 WIB
● Pelatihan Pengenalan Usaha Mikro
● Pelatihan Layanan Teknologi Digital
● Pelatihan Pengenalan Warung Kreatif
2/ 09.00 – 12.00 WIB 2/ 13.00 – 16.00 WIB 2/ 17.00 – 20.00 WIB
● Pelatihan Usaha Kedai Kopi
● Pelatihan Warung Kreatif & Usaha Minuman Kekinian
● Pelatihan Produk Digital
3/ 09.00 – 12.00 WIB 3/ 13.00 – 16.00 WIB 3/ 17.00 – 20.00 WIB
● Pelatihan Pengelolaan Layanan Kreatif
● Pelatihan Potensi Keagenan Digital
● Pelatihan Merencanakan Strategi Promosi Usaha Kreatif
4/ 09.00 – 12.00 WIB 4/ 13.00 – 16.00 WIB 4/ 17.00 – 20.00 WIB
● Pelatihan Merancang strategi pemasaran warung kreatif
● Pelatihan Pengelolaan media sosial
● Pelatihan pemanfaatan marketplace dalam memasarkan produk warung kreatif
5/ 09.00 – 12.00 WIB 5/ 13.00 – 16.00 WIB 5/ 17.00 – 20.00 WIB
● Pelatihan Merancang sistem pelaporan keuangan
● Pelatihan pemanfaatan layanan aplikasi dan pengelolaan pelaporan
● Pelatihan merancang kesehatan, keamanan dan keselamatan kerja
Total Durasi
900 menit
Kapasitas Peserta
150 peserta
Metode Pembelajaran
Daring
Metode Evaluasi
1. Pre Test
2. Quiz
3. Post Test
4. Unjuk Keterampilan
Jenis/Klasifikasi Sertifikat
Sertifikat Penyelesaian
Cara Redeem Voucher
Website : https://prakerja.cybersacademy.id/
Call Center
No Telp CS Bencoolen Coffee = 089630751495
WA CS Bencoolen Coffee = http://wa.me/6289630751495
Group Telegram = https://t.me/prakerjabencoolen2023