FAQ

FAQ

Temukan jawaban disetiap kendalamu

A. CARA MEMULAI & MENYELESAIKAN PELATIHAN
1. Bagaimana caranya memulai Pelatihan?

Anda perlu menukarkan kode voucher yang Anda sudah beli Kartu Prakerja. Lokasi kode voucher ada di akun Anda di Pijar Mahir/ Pintaria/Karier.mu (voucher saya)

PIJAR MAHIR :

Apabila Anda sudah melakukan pembayaran di akun Pijar Mahir  Untuk melihat kode voucher di menu Pelatihan saya -> Pelatihan Mitra Pelatihan

PINTARIA:

Masuk menu Kelas saya, kemudian di card/thumbnail kelas akan lihat tombol  Lihat Voucher

KARIER.MU:

Buka www.karier.mu lalu login ke dalam akun Anda. Kemudian klik akun profile Anda yang ada di pojok kanan atas. Pilih Riwayat Pembelian > Klik Lihat Detail Pembelian. Cari kode voucher yang dihighlight warna hijau

2. Ketika menukarkan kode voucher muncul tulisan "VOUCHER SUDAH DIGUNAKAN SEBELUMNYA", apa yang saya harus lakukan?
  • Anda bisa langsung masuk
  • Anda bisa hubungi langsung ke CS tempat pembelian (Pijar Mahir/ /Pintaria /Karier.mu) untuk penggantian kode vouchernya
3. Saya telah membeli kode voucher tetapi kode tersebut tidak valid saat saya tukar

Pastikan Anda masukkan kode voucher yang Anda dapatkan dari Mitra Pembelian (Pijar Mahir, Pintaria,   dan Karier.mu) dan bukan kode invoice ya.

4. Kapan saya bisa memulai pelatihan?

Anda bisa langsung memulai pelatihan begitu Anda sudah menukarkan kode voucher nya.

Ikut satu persatu urutannya, Karena tidak bisa dipercepat atau dilewati. Namun apabila Anda sudah selesai mengikuti sampai akhir maka Anda masih dapat kembali menonton video-video sebelummya.

5. Ketika hendak login atau lanjut pelatihan muncul tulisan “jaringan sedang padat atau sinyal kurang kuat” atau “page not found” atau terus berputar-putar tidak bisa melanjutkan, harus bagaimana?
  • Coba kembali berkala 1 jam mendatang,
  • Cari lokasi sinyal yang lebih kuat/cepat atau lokasi wifi yang lebih kuat
  • Coba login di jam-jam yang sinyal pada umumnya lebih kencang dan lancar (Jam 23.00 sampai jam 9 pagi)
6. Apakah ada jangka waktu penyelesaian pelatihan ini?

Masa berlaku pelatihan Anda sampai dengan 1 bulan dari tanggal pembelian sampai dengan 15 Desember. Jadi kalau Anda belum selesai hari ini maka Anda masih bisa log in kembali sampai dengan 1 bulan dari tanggal pembelian. Dan di kartu prakerja persyaratan Anda bisa mendapatkan insentif adalah membeli dan menyelsaikan pelatihan pertama  MAXIMAL 1 bulan dari tanggal SALDO Prakerja turun ke akun prakerja Anda ya…

7. Bagaimana cara saya memulai Pelatihannya?

Anda sudah akan bisa memulai Pelatihan dengan menu “PELATIHAN YANG DIAMBIL”, lalu klik di gambar judul bab pelatihannya. Klik di “KONTEN” untuk memulai langsung satu persatu pelatihan secara berurutan.

8. Apakah video pelatihan yang pernah saya beli sebelum sistem Prakerja berubah masih bisa ditonton?

Bisa, silahkan Anda buka kembali pelatihan yang pernah Anda beli dan masuk ke sesi video pembelajarannya.

9. Apakah saya harus menyelesaikan video dan pembelajaran dalam satu waktu atau bisa di cicil penyelesaiannya?

Pembelajaran bisa dicicil. Anda bisa keluar dari aplikasi dan kembali masuk untuk melanjutkan pembelajaran

10. Ketika saya mau login kembali untuk melihat pelatihan saya ternyata tidak bisa. Pesan yang muncul “Email tidak terdaftar”?

Pastikan Anda sudah melalukan penukaran Kode voucher terlebih dahulu ATAU Anda coba klik “Forget Password” dahulu, dan klik link yang dikirimkan ke email Anda dan coba login kembali. Namun apabila tidak ada email yang terkirim ke email Anda, maka kemungkinan email yang Anda masukan di pendaftaran awal ada kesalahan ketik, sehingga tidak sama dengan email yang Anda masukan setelahnya ketika login. Untuk itu Anda tinggal mengisi form bantuan (formatnya ada di bawah) dan hubungi CS

11. Email akun prakerja saya apakah harus sama dengan email akun di Pijar Mahir/Pintaria/MauBelajarApa/Karier.mu tempat pembelian saya. Saya belinya bukan dgn akun saya ketika di sana?

Email PIJAR MAHIR, PINTARIA, MAUBELAJARAPA dan KARIER.MU harus dengan email akun yang sama.

12. Apa itu Tugas Praktik?

Tugas Praktik adalah lembar tugas praktik seputar pelatihan yang telah Anda ambil untuk menambah ilmu dan wawasan Anda dalam implementasi materi pelatihannya.

 

13. Apakah wajib menyelesaikan Tugas?

Tugas adalah lembar tugas praktik pelatihan yang telah Anda ambil untuk menambah ilmu dan wawasan Anda dalam implementasi materi pelatihannya.

Anda dinyatakan lulus pelatihan jika sudah download sertifikat menyelesaikan pelatihan, dan memberikan rating review pada pelatihan yang Anda ikuti.

14. Bagaimana cara saya lulus dan mendapatkan sertifikat pelatihan?

Selesaikan pelatihan hingga final test dan tombol download sertifikat penyelesaian akan muncul.

 

15. Apakah benar ada 2 sertifikat untuk kelulusan?

Saat ini ada 2 jenis sertifikat, Sertifikat Penyelesaian dan Sertifikat Kompetensi Lulusan.

Sertifikat penyelesaian didapat jika kakak sudah selesai final test (lulus atau tidak lulus, tetap akan dapat)

Kalau sertifikat kompetensi lulusan didapat jika kakak sudah mendapatkan nilai minimal 60 pada bagian final test.

16. Kalau saya gagal memperoleh nilai 60, apakah saya tidak lulus?

Anda bisa mengikuti test akhir kembali apabila Anda belum lulus. Anda tinggal ulangi video-video yang Anda belum jelas, dan kembali mengikuti test akhirnya. Tes akhir ini bisa diulang terus sampai Anda pasti lulus.

17. Bagaimana cara melakukan download sertifikat?

Apabila Anda sudah mengikuti semua bagian maka di akhir ada test nya. Apabila sudah berhasil menyelesaikan test-nya maka akan muncul tombol download sertifikat penyelesaian. Apabila Anda belum lulus tes tenang saja karena Anda bisa mengulangi test ini sampai Anda pasti lulus.

Apabila Anda sudah mendapatkan nilai minimal 60 maka Anda akan mendapatkan sertifikat kompetensi lulusan.

18. Saya kehilangan tombol sertifikat saya di pelatihan saya, bagaimana ya?

Anda bisa kembali mendownload sertifikat pada menu Pelatihan saya lalu check pada kotak judul pelatihan. Akan ada icon sertifikat yang bisa Anda klik lalu unduh.

Atau anda juga bisa mendownload sertifikat pada menu status sertifikat. Akan ada icon sertifikat di tiap judul pelatihan yang telah anda selesaikan.

19. Bila saya sudah menyelesaikan semua pelatihan lalu apa yang harus saya lakukan?

Bila sudah menyelesaikan pelatihan dan download sertifikat, Anda perlu melakukan rating dan review, selanjutnya ditunggu sampai sertifikat muncul di dashboard Prakerja dan Anda WAJIB memberikan ulasan di dashboard Prakerja Anda setelah sertifikatnya muncul di dashboard Prakerja Anda.

20. Bila saya sudah menyelesaikan pelatihan dan unduh sertifikat tetapi status di dashboard di Pijar Mahir/Pintaria/MauBelajarApa/Karier.mu masih tertulis belum selesai?

Diabaikan saja yang penting Anda sudah unduh sertifikat dan rating review, maka Anda tinggal tunggu sertifikat muncul di Prakerja.

21. Saya sudah menyelesaikan pelatihan dan unduh sertifikat, lalu ketika saya login kembali ternyata pelatihan saya hilang dari Pelatihan yang Diambil, harus bagaimana?

Tidak apa, karena Anda sudah unduh sertiifkat. Namun bila Anda belum unduh sertifikat atau hendak menonton ulang semua videonya maka Anda hanya perlu isi form bantuan dan japri admin group dengan menyertakan foto tampilan PELATIHAN YANG DIAMBIL Anda.

22. Saya sudah ikut pelatihan dan lulus, tapi progress di Pijar Mahir/Pintaria/MauBelajarApa/Karier.mu tertulis masih 0% dan sertifikat belum muncul, bagaimana ya?

Tidak apa, yang penting Anda sudah unduh sertifikat dan rating review, maka Anda tinggal tunggu sertifikat muncul di Prakerja.

23. Pelatihan saya sudah selesai, tapi persentasenya tidak 100%?

Mohon pastikan nilai Final Test Anda mencapai minimal nilai 60 dan semua sesi Anda ada ceklis hijau. Namun, jika Anda sudah berhasil mendapatkan SERTIFIKAT KOMPETENSI LULUSAN, maka persentase ini bisa diabaikan.

24. Sudah melengkapi seluruh persyaratan selesai pelatihan tetapi sertifikat kok belum muncul di dashboard Prakerja dan status pelatihan masih AKTIF?

Proses menuju munculnya sertifikat di dashboard prakerja bisa sampai 3-7 HARI KERJA (tidak termasuk hari Sabtu, Minggu dan hari libur Nasional).

Apabila Anda sudah 7 hari kerja dari proses kelengkapan pelatihan belum muncul di dashboard maka Anda juga bisa mengecek status sertifikat Anda pada menu “Sertifikat Saya”. kalau sudah lewat dari 7 hari namun sertifikat belum muncul di dashboard Prakerja, maka Anda bisa klik “tombol pengingat sertifikat” yang ada di menu Sertifikat Saya. jangan lupa, setelah sertifikat Amda muncul di dashboard Prakerja, Anda juga WAJIB memberikan ulasan di dashboard Prakerja Anda ya… atau Anda juga bisa langsung menghubungi mitra tempat pembelian voucher Anda.

Bila sudah lewat 14 hari maka Anda juga bisa menanyakan langsung ke CS Kartu Prakerja di:

info@prakerja.go.id

Call Center Layanan Masyarakat: (Senin – Jumat, Pk. 08.00 s/d Pk. 19.00 WIB)

B. RATING & REVIEW/ ULASAN
1. Saya perlu rating review di prakerja saja atau juga di tempat pembelian saya (seperti di Tokopedia, Bukalapak, Pijar Mahir, Pintaria, dll)?

Kakak WAJIB memberikan rating review ditempat pembelian pelatihan dan di dashboard Prakerja

2. Bagaimana caranya melakukan rating review ?

Berikut adalah panduan singkat untuk memberikan ulasan dan rating antara lain:

  1. Akses menu “Pelatihan yang diambil”.
  2. Klik tanda bintang 5 yang ada pada judul pelatihan.
  3. Masukkan ulasan dan rating, lalu pilih submit.

Apabila kakak senang dan puas dengan pelatihannya mohon berikan bintang 5 Kami senang dapat melayani.

3. Bagaimana caranya melakukan rating review di Prakerja?

Setelah sertifikat muncul di dashboard Prakerja, dalam kurang lebih 7 hari kakak akan dapatkan email untuk memberi rating review di web Prakerja.

Dalam proses ini tulisan tulis rating (di web Prakerja) akan bisa di klik.

Apabila ketika ulasan dikirim tidak berhasil maka coba tutup aplikasinya lalu masuk kembali untuk mengulangi prosesnya. Apabila masih tidak berhasil, silahkan hubungi CS Prakerja ya kak.

C. SETELAH KELULUSAN
1. Saya mencoba mengambil Pelatihan yang lainnya dari SALDO yang tersisa tapi tidak bisa kenapa ya?

Anda bisa mengambil pelatihan berikutnya apabila sertifikat sudah muncul di akun prakerja Anda. Prosesnya akan sekitar 7 hari setelah Anda melengkapi semua persyaratan kelulusan. (keterangan proses bisa dibaca di atas)

2. Saya hendak mengambil Pelatihan dengan topik yang lainnya bagaimana caranya?

Apabila Anda puas dan hendak membeli kembali pelatihan Bencoolen Coffee bisa mengambil berbagai topik yg berbeda di platform lainnya dengan SALDO PRAKERJA dengan klik link berikut ini, dan pilih yang berlogo Bencoolen Coffee ya ka

 

Pelatihan ini cocok apabila Anda memerlukan pelatihan Program KARTU PRAKERJA yang:

⁃ Dapat dilakukan LANGSUNG sesegera mungkin

⁃ Waktu belajar FLEKSIBEL sesuai waktu yg Anda bisa 

⁃ Materi BERMUTU dengan pembicara berpengalaman dari perusahaan ternama,

⁃ SERTIFIKAT langsung di download selesai pelatihan, serta

⁃ LAYANAN informasi yang jelas pada info di group aplikasi TELEGRAM dan WHATSAPP.

D. SESI KONSULTAS
1. Kapan jadwal Sesi Konsultasi?

Jadwal Sesi Konsultasi

Hari Kamis (10.00 – 16.00 WIB)

  • Belajar teknik penyeduhan menjadi barista pemula
  • Belajar Menjadi Pengelola di Bidang Kedai Minuman Kopi Susu Kekinian

Hari Jumat (10.00 – 16.00 WIB)

  • Belajar Pemasaran Usaha Kopi Melalui Marketplace
2. Bagaimana caranya mengikuti Sesi Konsultasi?

Silahkan Klik Link Zoom yang tertera di Aktivitas Kelas atau di Group Telegram Peserta yang di sediakan pada waktu yang di tentukan.

3. Ketika Sesi Konsultasi / Webinar kenapa saya tidak bisa mendengarkan suara pembicara?

Silahkan klik Join Audio di Kiri Bawah pilih yang wifi or cellular data

4. Apakah wajib mengikuti Sesi Konsultasi?

Tidak, Sesi Konsultasi dapat anda manfaatkan apabila ada beberapa pertanyaan yang ingin anda sampaikan langsung ke pengajar.

E. LIVE SESSION ZOOM (Tanya Jawab Seputar Materi Pelatihan)
1. Bagaimana membuat akun zoom?

Anda bisa ikuti langkah-langkah di dalam video ini untuk membuat akun zoom ya kak :

Video tutotial sedang di buat

 atau. 

Video tutotial sedang di buat

Pastikan nama dan email yang Anda masukan adalah sama dengan yang ada di Kartu Prakerja ya kak

2. Password yang saya masukan ke ZOOM kenapa ditolak terus/tidak bisa?

Kata sandi / password ZOOM hanya bisa dengan sesuai aturan ZOOM berikut:

  • Memiliki minimal 8 karakter
  • Memiliki minimal 1 huruf (a, b, c …)
  • Memiliki minimal 1 angka (1, 2, 3 …)
  • Sertakan karakter huruf besar dan kecil
3. Bagaimana caranya mengikuti Live Session?
  • Live Session zoom hanya bisa diikuti pada jam nya. Apabila Anda login bukan di jam nya maka ruangan zoom tidak akan terbuka. Anda bisa antri masuk mulai dari 15 menit sebelum waktunya dan menunggu.Ruangan Zoom dibuka sesuai pada jamnya.
  • Anda tinggal klik di “JOIN” (BUKAN “New” atau “Start” meeting) dan memasukan ID dan passcode seperti yang di info di group telegram atau di email.

ID Live Session untuk setiap Live Session berbeda-beda ya .. jadi pastikan Anda hanya memasukan ID yang sesuai dengan jam Live Session yang Anda pilih.

Berikut ada video panduan untuk mengikuti Live Session :

Video sedang di buat

4. Bagaimana cara saya mengecek nama dan email saya sudah sesuai dengan akun prakerja belum di zoom saya?

Anda bisa lihat di setting – klik di nama Anda (di paling atas). Anda bisa ganti nama Anda dengan nama sesuai di prakerja. Anda bisa lihat email Anda di sana. Apabila email Anda tidak sama dengan Kartu Prakerja Anda maka Anda tidak bisa mengganti.

Yang bisa dilakukan untuk mengganti email : Anda sign out zoom. Lalu Anda klik JOIN MEETING dan Anda masukan email Anda yang sesuai akun prakerja (tentunya Anda sudah harus membuat akun zoom dengan email Anda sebelumnya).

Anda harus memastikan nama dan email sesuai dengan prakerja terlebih dahulu SEBELUM klik JOIN Live Session. Ketika Anda sudah “JOIN” Live Session di dalamnya maka Anda tidak bisa mengganti email Anda.

Anda hanya bisa mengganti NAMA Anda di dalam Live Session.

5. APABILA Anda Tidak bisa masuk LIVE SESSION, apa yang harus di cek ?

Ketika Anda merasa tidak bisa masuk Live Session maka Anda bisa cek beberapa hal berikut :

  • Kelas Live Session hanya dibuka sesuai jam undangannya. Sign in sebelum waktunya utk join meeting sebaiknya 5 menit sebelum waktu Live Session (seperti masuk dalam antrian kelas Live Session), nanti layar tersebut akan berubah ketika kelas dibuka 10 tepat pada waktu Live Session yang tertera.
  • Pastikan Meeting ID-nya apakah sesuai dengan tanggal dan jam Live Session tersebut. Berbeda waktu/hari, berbeda meeting ID yag dapat menyebabkan tidak bisa login
  • Klik pada JOIN MEETING (bukan START MEETING)
  • Pastikan sudah Sign in dengan email dan nama yang sesuai di prakerja
  • Lokasi sinyal di tempat Anda bekerja dengan baik (sebagi test: Anda bisa mencoba membuka youtube dan bila video di youtube bisa berjalan lancar tanpa tersendat berarti sinyal Anda cukup kuat)
  • Apabila hal-hal di atas Anda sudah pastikan aman dan ketika masuk lalu muncul tulisan “already 500 participants” maka berarti kelas Live Session pada jam tersebut sudah penuh sehingga Anda bisa join di jam atau hari berikutnya dengan meeting ID yang ada pada bagian akhir pelatihan Anda.
Select the fields to be shown. Others will be hidden. Drag and drop to rearrange the order.
  • Image
  • SKU
  • Rating
  • Price
  • Stock
  • Availability
  • Add to cart
  • Description
  • Content
  • Weight
  • Dimensions
  • Additional information
  • Attributes
  • Custom attributes
  • Custom fields
Click outside to hide the compare bar
Compare